background


web widgets

Rabu, 26 November 2014

TUTORIAL SOFTWARE CHEMTOOL

CHEMTOOL


Kali ini saya akan berbagi tentang software untuk aplikasi kimia di sistem operasi Liinux, khususnya aplikasi untuk pembelajaran analisa struktur, tatanama, sifat dan kegunaan senyawa alkilalkanoat dan benzena. Adapun aplikasi yang bisa digunakan salah satunya adalah CHEMTOOL.

Apa itu Chemtool?
Chemtool adalah program untuk menggambar struktur terutama senyawa organik. Chemtool bergantung pada transfig oleh Brian Smith untuk mencetak postscript dan mengekspor file dalam format PicTeX dan EPS. Pendamping program Its, xfig, direkomendasikan untuk meningkatkan output chemtool, dan untuk pembuatan diagram 2D dan skema pada umumnya. Keduanya disertakan dengan kebanyakan distribusi Linux, dan tersedia melalui sejumlah website termasuk http://www.xfig.org. Jika Anda ingin mengimpor gambar chemtool ke program pengolah kata lain selain LaTeX, Anda mungkin akan ingin menambahkan bitmap pratayang kepada mereka, selama tidak ada StarOffice / OpenOffice atau bahwa perangkat lunak dari Redmond tampaknya dapat menampilkan sisipan postscript di layar tanpa mereka. Untuk tujuan ini, baik menggunakan ps2epsi, yang datang dengan ghostscript, atau epstool, bagian dari gsview dianjurkan. Sejak chemtool-1.6, opsi ini didukung langsung (melalui fungsi setara ditawarkan oleh versi terbaru dari transfig).adalah sebuah program kecil untuk menggambar struktur kimia pada sistem Linux dan Unix menggunakan toolkit GTK bawah X11.Chemtool mudah digunakan untuk menggambar selain terdapat tools untuk menghitung massa molekular. Instalasi chemtool sangat mudah karena beberapa distro besar memasukkan chemtool ke dalam repository mereka. Bahkan instalasi dari source codenya pun juga mudah. Nah sekarang ayo kita belajar cara menggunakan aplikasi chemtool. Pertama ketika Anda membuka aplikasi chemtool maka muncul tampilan seperti di bawah ini:
 
Tampilan templates-carboncycles.pilih struktur yang Anda kehendaki

Untuk templates sugars maka muncul pilihan di bawah ini. Pilih struktur yang Anda inginkan

Untuk templates heterocycles maka muncul pilihan di bawah ini. Pilih struktur yang Anda inginkan.

Untuk templates amino acid maka muncul pilihan di bawah ini. Pilih struktur yang Anda inginkan.

Untuk templates symbols maka muncul pilihan di bawah ini. Pilih struktur yang Anda inginkan.

Cara memilihnya mudah sekali, misal saya menginginkan struktur glukosa, maka hanya mengeklik struktur glucose yang ada di tempaltes sugars dan hasilnya adalah:

0 komentar:

Posting Komentar